Visi, Misi, dan Tujuan SD Negeri 1 Bukit Tempurung

Visi, Misi, dan Tujuan SD Negeri 1 Bukit Tempurung



Visi, Misi dan Tujuan SD Negeri 1 Bukit Tempurung
Visi Sekolah
Melihat  dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan perubahan kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, memicu sekolah untuk merespon tantangan tersebut, sekaligus mencari peluang untuk mengembangakan potensi yang ada. SD Negeri 1 Bukit Tempurung, memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang dengan diwujudkan dalam Visi sekolah sebagai berikut:
” MEWUJUDKAN SISWA - SISWI YANG BERPRESTASI, BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA  TUHAN YANG MAHA ESA SERTA CINTA TERHADAP LINGKUNGAN. ”

Misi Sekolah
Untuk mewujudkan Visi tersebut, Sekolah menentukan langkah – langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut :
1.        Mewujudkan/menciptakan siswa yang taat beribadah
2.        Membentuk sikap dan prilaku yang baik, santun, sopan dan berkarakter.
3.        Mewujudkan siswa/i yang disiplin
4.        Menciptakan suasana PAIKEMGembrot (Pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif,  menyenangkan, gembira dan berbobot)
5.        Mewujudkan siswa yang berprestasi
6.        Mewujudkan suasana kekeluargaan antar warga sekolah
7.        Mewujudkan sekolah hijau ( Gereen School ).
Pembiasaan 3 K( Kebersihan diri, Kebersihan Kelas, dan Kebersihan lingkungan) dan 3 S ( Senyum, Sapa, Salam )

Tujuan Sekolah
Tujuan yang ingin dicapai sebagai rencana kegiatan dan pelaksanaan program
Tujuan yang ingin dicapai sebagai rencana kegiatan dan pelaksanaan program pembelajaran di SD Negeri 1 Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang dideskripsikan sebagai berikut  :
1.        Siswa taat beribadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.        Mengembangkan potensi bakat dan minat siswa dan guru
3.        Nilai siswa kelas VI ( enam ) mencapai standar kelulusan
4.        Siswa berprestasi dalam bidang keagamaan
5.        Siswa cerdas dalam Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama
6.        Siswa berprestasi dalam bidang olympiade MIPA
7.        Siswa berprestasi  dalam olahraga volly mini, takraw, dan pencak silat
8.        Warga sekolah menjaga keasrian lingkungan sekolah
9.        Seluruh  warga sekolah melakukan pembiasaan 3 K ( Kebersihan diri, Kebersihan kelas, dan Kebersihan Sekolah )
Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah sebagaimana tersebut di atas, SD Negeri 1 Bukit Tempurung sebagai lembaga Pendidkan Sekolah Dasar memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP ). Apalagi SD Negeri 1 Bukit Tempurung  memilik beberapa keunggulan.
a.         Keunggulan –keunggulan tersebut  diantaranya adalah :
1.         Motivasi guru dan siswa cukup tinggi sehingga mampu mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan disertai dengan penerapan iman dan taqwa sehingga siswanya cukup antusias dalam merespon setiap pembelajaran.
2.          Hubungan yang baik antara guru dengan guru ataupun guru dengan siswa sangat kondusif baik dalam kegiatan ektrakurikuler ataupun pembelajaran untuk membentuk kwalitas siswa yang positif
3.          Dalam segi pendekatan, metode yang diajarkan  guru menggunakan  metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa dapat mengembangkan diri sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
4.         Mempunyai letak geografis yang sangat strategis dan lahan yang
memadai serta didasari daya dukung yang sangat positif dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan hubungan kerja sama antara sekolah , komite, orang tua siswa dan masyarakat
5.         Sebahagian besar tenaga pengajar lulusan S1  juga ada  lulusan S2 yang umumnya  berusia muda sehingga memiliki kinerja dan semangat  yang tinggi serta selebihnya terdiri dari guru-guru yang cukup berpengalaman karena telah menjalani masa kerja yang cukup lama.
6.         Kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler yang sangat efektif dengan tenaga operasional yang memadai sangat diutamakan untuk meningkatkan prestasi siswa sesuai dengan bakat, minat dan kreativitas.

b.        Sementara itu  SD Negeri 1 Bukit Tempurung juga memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya adalah  :
1.         Sebahagian Guru belum dapat menggunakan ICT pada kegiatan proses belajar mengajar
2.         Sebahagian  guru masih berstatus guru bakti.
3.         Belum secara maksimal menggunakan sarana dan prasarana yang mendukung  untuk pembelajaran terutama di perpustakaan dan di loboratorium
4.         Gedung sekolah membutuhkan penambahan ruang seperti ruang kelas, laboratorium, dan juga ruang kantor guru.

c.   Peluang yang dimiliki SD N1 Bukit tempurung adalah :
1.         Dukungan pemerintah daerah dalam melengkapi sarana dan prasarana Sekolah dengan cara mengajukan prososal ke Pemerintah Daerah Tingkat I dan Tingkat II perlu dilakukan untuk melengkapi sarana dan prasarana sekolah.
2.         Sarana dan prasarana merupakan kekuatan yang telah ada agar bisa dipergunakan dan di kembangkan terus pemanfaatannya.
3.         Dukungan masyarakat yang ingin menjadikan siswa menjadi berkwalitas di masyarakat dan ingin setelah lulus dari SD. Negeri I Bukit Tempurung dapat  melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
4.         Mengingat lokasi yang srtrategis dapat menjadi kekuatan dalam perekrutan lulusan TK berpeluang cukup besar.
Daya dukung orang tua tinggi dan terbukti dengan mendaftarkan anaknya di SD. Negeri I Bukit Tempurung.