Visi, Misi, dan Tujuan SD Negeri 1 Bukit Tempurung
Melihat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan perubahan
kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, memicu sekolah untuk
merespon tantangan tersebut, sekaligus mencari peluang untuk mengembangakan
potensi yang ada. SD Negeri 1 Bukit Tempurung, memiliki citra moral yang
menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang dengan diwujudkan
dalam Visi sekolah sebagai berikut:
” MEWUJUDKAN SISWA - SISWI YANG BERPRESTASI,
BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG
MAHA ESA SERTA CINTA TERHADAP LINGKUNGAN. ”Misi Sekolah
Untuk
mewujudkan Visi tersebut, Sekolah menentukan langkah – langkah strategis yang
dinyatakan dalam Misi berikut :
1.
Mewujudkan/menciptakan
siswa yang taat beribadah
2.
Membentuk
sikap dan prilaku yang baik, santun, sopan dan berkarakter.
3.
Mewujudkan
siswa/i yang disiplin
4.
Menciptakan
suasana PAIKEMGembrot (Pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif,
efektif, menyenangkan, gembira dan
berbobot)
5.
Mewujudkan siswa yang
berprestasi
6.
Mewujudkan
suasana kekeluargaan antar warga sekolah
7.
Mewujudkan
sekolah hijau ( Gereen School ).
Pembiasaan 3 K( Kebersihan diri, Kebersihan
Kelas, dan Kebersihan lingkungan) dan 3 S ( Senyum, Sapa, Salam )Tujuan Sekolah
Tujuan yang ingin dicapai sebagai rencana kegiatan dan pelaksanaan program
Tujuan yang ingin dicapai sebagai rencana kegiatan dan pelaksanaan program
pembelajaran di SD Negeri 1 Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang
dideskripsikan sebagai berikut :
1.
Siswa
taat beribadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.
Mengembangkan
potensi bakat dan minat siswa dan guru
3.
Nilai
siswa kelas VI ( enam ) mencapai standar kelulusan
4.
Siswa
berprestasi dalam bidang keagamaan
5.
Siswa
cerdas dalam Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama
6.
Siswa
berprestasi dalam bidang olympiade MIPA
7.
Siswa
berprestasi dalam olahraga volly mini,
takraw, dan pencak silat
8.
Warga
sekolah menjaga keasrian lingkungan sekolah
9.
Seluruh
warga sekolah melakukan pembiasaan 3 K (
Kebersihan diri, Kebersihan kelas, dan Kebersihan Sekolah )
Untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah sebagaimana
tersebut di atas, SD Negeri 1 Bukit Tempurung sebagai lembaga Pendidkan Sekolah
Dasar memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP ). Apalagi SD
Negeri 1 Bukit Tempurung memilik
beberapa keunggulan.
a.
Keunggulan
–keunggulan tersebut diantaranya adalah
:
1.
Motivasi guru dan siswa cukup tinggi sehingga
mampu mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan disertai dengan penerapan
iman dan taqwa sehingga siswanya cukup antusias dalam
merespon setiap pembelajaran.
2.
Hubungan yang
baik antara guru dengan guru ataupun guru dengan siswa sangat kondusif baik
dalam kegiatan ektrakurikuler ataupun pembelajaran untuk membentuk kwalitas
siswa yang positif
3.
Dalam segi
pendekatan, metode yang diajarkan guru menggunakan metode
pembelajaran yang bervariasi agar siswa dapat mengembangkan diri sejalan
dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
4.
Mempunyai letak geografis yang sangat strategis dan
lahan yang
memadai serta didasari daya
dukung yang sangat positif dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan
hubungan kerja sama antara sekolah , komite, orang tua siswa dan
masyarakat
5.
Sebahagian besar tenaga pengajar lulusan S1 juga ada
lulusan S2 yang umumnya
berusia muda sehingga memiliki kinerja dan semangat yang tinggi serta selebihnya terdiri dari
guru-guru yang cukup berpengalaman karena telah menjalani masa kerja yang cukup
lama.
6.
Kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler yang sangat
efektif dengan tenaga operasional yang memadai sangat diutamakan untuk meningkatkan
prestasi siswa sesuai dengan bakat, minat dan kreativitas.
b.
Sementara
itu SD Negeri 1 Bukit Tempurung juga
memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya adalah :
1.
Sebahagian Guru belum dapat menggunakan ICT pada
kegiatan proses belajar mengajar
2.
Sebahagian guru
masih berstatus guru bakti.
3.
Belum secara maksimal menggunakan sarana dan prasarana
yang mendukung untuk pembelajaran terutama di perpustakaan dan di
loboratorium
4.
Gedung sekolah membutuhkan penambahan ruang seperti
ruang kelas, laboratorium, dan juga ruang kantor guru.
c. Peluang yang dimiliki
SD N1 Bukit tempurung adalah :
1.
Dukungan pemerintah daerah dalam melengkapi sarana dan
prasarana Sekolah dengan cara mengajukan prososal ke Pemerintah Daerah Tingkat
I dan Tingkat II perlu dilakukan untuk melengkapi sarana dan prasarana sekolah.
2.
Sarana dan prasarana merupakan kekuatan yang telah ada
agar bisa dipergunakan dan di kembangkan terus pemanfaatannya.
3.
Dukungan masyarakat yang ingin menjadikan siswa
menjadi berkwalitas di masyarakat dan ingin setelah lulus dari SD. Negeri I Bukit
Tempurung dapat melanjutkan ke jenjang
yang lebih tinggi.
4.
Mengingat lokasi yang srtrategis dapat menjadi
kekuatan dalam perekrutan lulusan TK berpeluang cukup besar.
Daya dukung orang tua tinggi
dan terbukti dengan mendaftarkan anaknya di SD. Negeri I Bukit Tempurung.